bebas ceritACerita bebas
kumpulan esai-esaiku

Dunia Lain

DUNIA LAIN
(kesalahan yang mendarah-daging

Pernahkah kita berpikir bahwa ada dunia lain selain dunia kita ini? Maksud saya bukan dunia lain yang ghoib yang sudah jelas dirinci dan dijelaskan oleh Al Quran atau Kitab-kitab Suci yang lain. Bukan dunia lain yang supranatural dalam pandangan kita manusia biasa, bukan dunia lain yang hanya bisa dirasakan oleh paranormal. Bukan semua itu! Maksud saya yang lebih jelas adalah apakah ada kehidupan lain selain di bumi kita ini?

Pembahasan dan penelitian mengenai hal sudah lama sekali dilakukan bahkan sekarang menggunakan pendekatan teknologi ilmiah (science-approach) karena pendekatan inilah yang paling memungkinkan diterima oleh akal manusia (empiris).

“Extraterrestrial life is life originating outside of the Earth. It is the subject of astrobiology, and its existence remains hypothetical. There is no credible evidence of extraterrestrial life that has been widely accepted by the scientific community”.

Demikian ditulis oleh Wikipedia yang kurang lebih berarti..” Kehidupan ekstrareristerial adalah kehidupan yang berasal dari luar bumi. Kehidupan ini merupakan pokok bahasan astrobiologi dan keberadaannya masih tetap berupa hipotesis (dugaan). Tidak ada bukti konkrit tentang ekstrateresterial ini yang diterima secara luas oleh masyarakat ilmiah”

Kesepakatan ilmiah atas kehidupan lain di luar bumi kita ini masih menjadi perdebatan sengit para ahli dari bidang apapun karena memang sangat minimnya bukti empiris yang tersedia. Foto-foto tentang benda terbang aneh, piring terbang atau sinar kemilau di langit yang tersedia hanya dalam bentuknya yang buram dan malah palsu. Fakta seperti ini tak akan lagi menggerakan naluri ilmiah kita untuk menerimanya. Ini cuma sekedar bagian dari gosip, sampah, dan lelucon.


(foto diambil dari http://www.freakingnews.com)

Berita munculnya benda terbang aneh yang mungkin dikendarai oleh makhluk cerdas semacam aliens lucunya hanya terjadi di Amerika Serikat, Eropa, dan sebagian benua Amerika. Tak pernah sekalipun benda semacam itu dilaporkan muncul di Indonesia, Papua Nugini, atau Ethiopia. Barangkali para aliens menyadari bahwa kehadiran mereka di negara-negara miskin seperti itu tidak menimbulkan sensasi karena para ahlinya lebih tertarik untuk merumuskan teknologi tepat guna yang efisien untuk memperbaiki taraf hidup daripada ikut-ikutan bergosip-ilmiah tentang aliens.

Masyarakat di negara-negara miskin juga tidak begitu tertarik untuk membahas lebih lanjut kehidupan para aliens tersebut. Bagi mereka aliens tidak lebih dari sekedar tontonan dahsyat hollywood bagi imajinasi mereka di TV atau bioskop-bisokop kampung. Perbincangan mengenai film aliens itu hanya terjadi pada anak-anak kecil yang mengganggap aliens adalah musuh bukan superhero semacam Arnold Schwazneger. Para orang tua bahkan sama sekali tidak melirik sedikitpun pada para aliens ini. Mereka ternyata memiliki jagoan supranatural lain yang lebih dahsyat, lebih mumpuni, lebih mengerikan daripada para aliens ini. Ada santet, tuyul, jailangkung, genderuwo, wewe gombel bahkan penampakan aneh yang dulu menjadi acara pada prime time televisi-televisi swasta kita. Jagoan-jagoan ini tidak memerlukan pendekatan ilmiah. Tidak pula memerlukan penelitian yang panjang, mahal dan didukung dananya oleh pemerintah.


(foto diambil dari http://www.ghost-pictures.org)

Mereka muncul sesuai kehendak masyarakat, yang efeknya akan sangat mengerikan karena sebelum mereka muncul, nama-nama dan sepak terjang mereka sudah tertanam bertahun-tahun pada generasi-generasi baru masyarakat kita. Keniscayaan yang tidak terbantahkan! Penerimaan total masyarakat atas sesuatu yang bahkan belum pernah mereka lihat. Pendidikan moral yang telah mendarah-daging. Jagoan-jagoan itu sudah menjadi kawan dekat kita bahkan sejak bayi kita lahir, bertetangga dengan kita, hidup di alam kita, dan kata sebagian besar masyarakat kita, mereka bahkan bisa dipanggil dan didatangkan untuk acara-acara manusia masyarakat kita dengan harga yang tidak mahal. Berbeda dengan ekstrateresterial dan aliens di negara-negara maju yang penampakannya saja membutuhkan dana miliaran dollar untuk membuktikan eksisitensinya. Masyarakat kita ternyata lebih maju selangkah daripada mereka untuk urusan semacam ini.

Salam!

myflag

Belum Ada Tanggapan to “Dunia Lain”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: